Wisata Alam Kali Biru Jogja Kulon Progo

Wisata Alam Kalibiru dan Waduk Sermo Jogja, Untuk Kamu Yang Merindukan Ketenangan

Kalau diumpamakan nih…misal salah satu syarat orang mau buat KTP adalah minta surat pengantar ke Pak RT  maka salah satu syarat untuk bisa dibilang anak hits explorejogja ya dengan selfie di Wisata Alam Kalibiru ini. Yap, kurang lebih setahun belakangan, Kalibiru yang merupakan salah satu tempat wisata di daerah Wates, Kulon Progo, Yogyakarta ini sangat ramai diperbincangkan di sosial media terutama Instagram.

Yang menjadikan Kalibiru ini sangat hits tak lain adalah karena spot untuk berfoto yang terbilang unik. Terletak masih dalam jajaran perbukitan menoreh dengan ketinggian kurang lebih 450 mdpl, dari Kalibiru ini wisatawan disuguhi pemandangan utama yaitu Waduk Sermo yang dikelilingi perbukitaan. Kalau hanya liat waduk dari atas bukit, uniknya dimana? Nah..disini tampaknya yang membuat ide design kawasan wisata ini perlu diapresiasi. Wisatawan tidak hanya disediakan gardu pandang saja, tetapi dibuatkan juga sepetak kotak kayu diatas pohon-pohon yang memang disediakan untuk spot foto. Jadi wisatawan bisa mendapatkan foto seolah-olah sedang duduk-duduk di rumah pohon dengan background Waduk Sermo. Tak hanya itu, disini juga ada permainan flying fox dan disediakan pula pondakan kalau ada yang mau bermalam. Cukup menarik dan unik kan?  😀

Wisata Alam Kalibiru Kulon Progo Jogja Wisata Alam Kalibiru Kulon Progo Jogja
Wisata Alam Kalibiru Kulon Progo Jogja Wisata Alam Kali Biru Kulon Progo JOgja

Tempatnya mudah dicari ga kalau mau kesana? Kalau pake GPS sih tinggal disearch “Wisata Alam Kalibiru” insyaallah ga bakal nyasar  :mrgreen:  . Tapi sebagai gambaran, tempat ini bisa dicapai dengan kendaraan pribadi kurang lebih satu jam perjalanan dari Jogja kota. Di Jogja kota, ambil jalan menuju ke daerah Wates. Sebelum sampai ke Kota Wates, ada tugu persimpangan kolon progo ambil yang jalur kanan. Ikuti Jalan sampai ketemu pertigaan dimana kekiri ke waduk sermo dan ke kanan ke kalibiru. Lurus sampai menemukan Kantor Kecamatan Pengasihan, belok kiri, kemudian perempatan belok kanan. Nah setelah itu sudah mulai masuk ke jalan perkampungan, kalau kebingungan tanya saja (karena memang petunjuk jalan ke Kalibiru ini agak minim). Sebagai patokan kalau anda melawati jalan dengan pohon-pohon jati di pinggiran mungkin anda sudah melewati jalan yang benar  😀

Jalan Masuk Kalibiru

Jalan Masuk Kalibiru

Memasuki kawasan Kalibiru, akan ada gapura dan dari situ sekitar 500 meter anda sudah sampai di parkiran. Tarif parkir mobil adalah 5.000 dan untuk tiket masuknya juga 5.000 per orang. Akan ada biaya tambahan lagi kalau ada wisatawan yang ingin berpose di atas pohon, per orangnya 10.000 dan kalau minta difotoin tambah lagi 30.000. Ada 3 spot foto pohon, memang sih angle yang paling bagus adalah di spot 1 tapi antrinya juga lumayan banget bisa sampai 30-40 orang (kesana pas hari sabtu), beda sama spot 2 atau 3 yang hanya antri paling 3-4 orang. Untuk pengelolan, koordinasi, dan fasilitas..menurut saya (standard tempat wisata di Jateng-DIY) sudah sangat bagus, walau untuk makanan sih ya biasa standad tempat wisata alias mie instan jadi andalan. Kalau soal suasana, tempat ini sangat cocok untuk yang mau refreshing dan kangen suasana tenag perbukitan.

Wisata Alam Kalibiru Kulon Progo Jogja

Nunggu Antrian Naik Pohon

Berangkat dari rumah jam 12 an siang, sekitar jam 3 kita (piknik kali ini pesertanya saya, adek, dan 2 teman adek) agak-agak bingung mau lanjut kemana, apakah pulang atau ke tempat lain. Setelah kembali ke parkiran dan bertanya ke pak parkirnya, disarankan untuk sekalian ke Waduk Sermonya karena letaknya yang paling 5 menitan dari Kalibiru. Oke, jadilah kita ke next destination yaitu Waduk Sermo!

Waduk Sermo Kulon Progo Jogja

Salah Satu Pemandangan di Waduk Sermo

Untung bapak parkirnya ga bohong-bohong banget, letak Waduk Sermo memang dekat  sekali dengan Kalibiru, tapi ga 5 menit juga sih..10 menitan lah. Tak berekspektasi apa-apa tentang waduk ini (karena tujuan utama awalnya hanya ke Kalibiru), ternyata untuk ukuran waduk, tempat ini juga ga kalah bagus. Dari ketika perjalanan menuju waduk ini, kesan pertama saya adalah bersih dan membuat teduh (efek matahari sore juga mengkin). Diwaduk ini kita bisa menyewa perahu untuk berkeliling dengan  tarif 10.000 per orang (sekapal min.5 orang). Kalau yang ga mau naik kapal bisa duduk-duduk menyewa gazebo, mamacing, atau kalau mau selfie-selfie di pinggir waduk  juga bisa. Penyewaan kapal dibuka dari jam 07.30 sampai menjelang sunset. Saran sih kalau mau mending pas sore…bagus wes dijamin! Overall dua objek wisata ini very recommended!

Waduk Sermo Kulon Progo Jogja

The Boats Ready to Sail


One thought on “Wisata Alam Kalibiru dan Waduk Sermo Jogja, Untuk Kamu Yang Merindukan Ketenangan

  1. Mister John says:

    Wisata alam yang satu ini memang yahuuud dah pokoknya.
    View.nya bagus, mayan sejuk, fasilitas komplit and menyenangkan.
    Yuk mari dolan ke Kalibiru yuk.. (salam wisata jogja)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>