Gondola Pantai Timang

Uji Keberanianmu! Naik Gondola di Pantai Timang

Mau berwisata sambil uji keberanian? Cobalah pergi ke tempat yang satu ini!

Pantai Timang adalah salah satu dari deretan pantai di selatan Yogyakarta, tepatnya di Padukuhan Danggolo, Tepus, Gunung Kidul, kurang lebih 35 km dari Kota Wonosari. Ada dua alternatif jalan masuk untuk menuju pantai ini, yang pertama yaitu lewat pasar dakbong. sebagai patokan tepat di depan pasar ini ada lapangan, nah jalan masuknya tepat berada di samping lapangan tinggal ikuti jalan. Tapi jika melalui jalan ini, siap-siap merasakan sensasi offroad, karena jalannya masih bebatuan campur karang. Jalan masuk yang satu lagi kurang lebih 1 km dari jalan yang pertama. Berbeda dengan jalan pertama, jalan ini sudah diberi petunjuk arah dan sebagian jalannya sudah diaspal. Dengan melewati ladang dan pemukiman penduduk, jarak dari jalan masuk ke pinggir Pantai Timang kurang lebih 2 km.

Pantai Timang

Pantai Timang

Pantai Timang ini awalnya bukan merupakan tempat wisata, hanya pantai yang biasa di manfaatkan penduduk sekitar untuk berburu lobster. Dalam mencari lobster ini penduduk menggunakan gondola tradisional untuk bisa menyeberang ke pulau panjang, yang merupakan pulau kecil diseberang pantai timang tempat mencari lobster tersebut. Karena keunikan gondola itulah, baru-baru ini gondola pantai timang mulai viral di sosial media dan menjadi potensi baru wisata pantai gunung kidul.

Gondola Pantai Timang

Gondola Pantai Timang

Tarif untuk naik gondola ini tergantung dari jarakny. Kalau mau PP sampai pulau seberang, tarifnya 150 ribu, kalau hanya mau beberapa meter dari tepi tebing tarifnya berkisar 30-50 ribu. Tarif itu masih bisa berubah, tergantung tawar-menawar dengan bapak-bapak gondolanya.

Sempat deg-deg an juga sebelum naik ke gondola, karena kalau diliat gondola kayu ala kadarnya itu sepertinya tidak firm dan goyang-goyang kalau ketiup angin. Tapi akhirnya nekat naik, paling tidak sekali seumur hidup pernah coba pikir saya.

Ternyata setelah naik,..tidak semengerikan seperti yang dibayangkan. Gondola yang hanya dibuat dengan alat sederhana dan masih dikendalikan secara manual ini cukup kokoh untuk menopang pengendaranya dan goyangan pun tidak terasa kalau sudah berada diatas gondola ini.

Gondola Ditarik-ulur Seca a Manual

Gondola Ditarik-ulur Secara Manual

Walau berada sekitar 5 meter diatas air yang arusnya cukup kencang dengan gondola sederhana, bisa menikmati keindahan pantai dari sudut pandang yang berbeda adalah sebuah pengalamna yang memang patut di coba. Naik sepuasnya, foto sepuasnya ! penduduk disini akan menunjukkan spot-spot yang pas untuk memoto gondola.

Pantai Timang Pantai Timang Pantai Timang

Well..this is our idea of fun ! What’s yours?

3 thoughts on “Uji Keberanianmu! Naik Gondola di Pantai Timang

  1. berduakelilingindonesia says:

    nice info memang rencana desember mau kesini, kalau dilihat dari fotonya pantainya masih bersih dan alami seperti belum terjamah orang lain apalagi nggak ada orang yang jualan, apalagi tidakada info mengenai penginapan,dan juga makanan, ataupun angkot pasti jalur kesini susah banget nieh, kalau begini pasti pantainya bagus, mantab nieh jadi nggak sabar nunggu bulan desember, terimakasih untuk infonya

    • rsasti says:

      kayanya krn memang pantai ini bukan tipe buat piknik keluarga kali ya,jadi ga seramai pantai lainnya dan fasilitas juga minim.Yang jualan ada tapi paling satu dua. sedikit saran klo bisa mending jgn weekend kesininya,biar ga ngantri..have a nice trip!:)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>