Pantai Tanjung Papuma

Pantai Tanjung Papuma (Watu Ulo) Wisata Andalan Kota Jember

Kali ini saya berkesempatan untuk mengunjungi Kota Jember yang letaknya hampir diujung timur Provinsi Jawa Timur. Perjalanan di mulai dari Yogyakarta. Saya dan beberapa teman berangkat dari Stasiun Lempuyangan Yogyakarta dengan menggunakan kereta api Logawa. Perjalanan dengan kereta dari Yogyakarta-Jember ini membutuhkan waktu 10 jam. Sebenarnya di Jember ini kita hanya berniat transit untuk menjemput saudara teman, sebelum perjalanan lanjut ke Banyuwangi. Mumpung mampir kota ini, saudara teman saya merekomendasikan untuk sekalian mampir ke Tanjung Papuma.

Jarak pantai ini dari pusat Kota Jember adalah 37 km atau sekitar 1 jam perjalanan. Terletak di Desa Sumberejo, Kecamatan Ambulu, Jember, dengan bantuan papan penunjuk jalan lokasinya cukup mudah untuk ditemukan. Tanjung Papuma ini termasuk di dalam kawasan hutan yang dikelola oleh perhutani, jadi ketika memasuki kawasan ini, disepanjang kanan-kiri jalan kita akan melihat  ladang dan deretan hutan yang kebanyakan ditanami pohon jati.

Jujur waktu memutuskan untuk ke pantai ini, saya hanya membayangkan sebuah pantai biasa yang pernah saya kunjungi selama ini, tetapi tampaknya saya salah kali ini. Begitu melihat warna biru yang perlahan tampak dari balik bukit, well menurut saya Tanjung Papuma adalah salah satu pantai yang terindah di Pulau Jawa.

Pantai Tanjung Papuma

Pantai Tanjung Papuma

Sebenarnya wisatawan bisa berkeliling pantai ini dengan kapal, tetapi karena arus waktu itu sedang kuat saya hanya bisa bermain-main di tepi pantai.

Kapal-Kapal Nelayan Yang Berlabuh

Kapal-Kapal Nelayan Yang Berlabuh

Untuk wisatawan yang ingin menginap , disepanjang pantai disediakan penginapan yang bisa disewa.

Penginapan di Tanjung Papuma

Penginapan di Tanjung Papuma

Mengeksplore lebih jauh, jika kita menyusuri pantai ini ada bukit kecil dimana kita bisa menikmati pemandangan dari atas yang katanya bagus buat selfie. Dari atas bukit terlihat tebing batu besar di tengah pantai, dikelilingi pecahan karang disekitarnya, dipadu dengan gradasi biru air..yap, pemandangan dari atas bukit ini benar-benar memanjakan mata. Tak heran kalau pantai Tanjung Papuma ini menjadi salah satu andalan pariwisata Kota Jember.

Tebing Ikonik Di Pantai Watu Kodok-Tanjung Papuma

Tebing Iconic Di Pantai Tanjung Papuma

 

 

2 thoughts on “Pantai Tanjung Papuma (Watu Ulo) Wisata Andalan Kota Jember

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>