Rainvow cake

My First Cake!

Di suatu siang pada liburan tahun baru kemarin, saya bersama adek dan sepupu iseng-iseng pengen nyobain yang namanya bikin cake, yang lebih spesifiknya adalah rainbow cake. Buat yang kenal saya, mungkin akan sedikit shock “what? you, making a cake?”, nyentuh kompor aja jarang jarang :mrgreen: . Ya..namanya aja experiment, entah jadinya apa, berhasil apa ga, yang penting dicoba dulu deh ya. Dengan bekal kenekatan dan resep cari di google (entah resepnya valid atau ga), bahan-bahan pun dibeli dan peralatan disiapkan. Singkat cerita, akhirnya bahan-bahan untuk membuat rainbow cake selesai di mix. Dipercobaan pertama ini kami membuat susunan lima warna; Merah, Kuning, Hijau, Orange dan Cokelat. Adonan pun dituang ke loyang dan masuklah ke oven.

.
Setelah kurang lebih 35 menit menunggu…
.

Taraaa…
Berhasilkah???
Yap seperti yang sudah diduga, cakenya tidak mengembang dengan baik, dan dibeberapa bagian malah mengeras seperti kue lidah kucing 😆 .

Penampakan Rainbow Cake Gagal :-P

Penampakan Rainbow Cake Gagal :-P

Tapi jangan salah ..walaupun teksturnya ga berhasil, secara rasa agak lumayan lho (berdasarkan testimoni mama, om dan tante 😳  ).

Tapi percobaan tidak sampai disitu. Setelah dicari-cari kemungkinan penyebab gagalnya cake pertama saya, ada beberapa kemungkinan penyebab ; resep di google tidak valid, kesalahan dalam mixing, kebanyakan gula, atau kesalahan saat memanggang. Beberapa hari setelahnya, kali ini sambil dibimbing mbak-mbak rumah, saya pun mencoba lagi membuat cake. Tapi kali ini saya mencoba cake biasa, instead of rainbow cake, biar belajar dulu dari basicnya.

Dan….

Yeay, kali ini lumayan berhasil!

Cake Basic Hasil Percobaan Ke Dua

Cake Basic Hasil Percobaan Ke Dua

Membuat cake ternyata menimbulkan sensasi tersendiri. Deg-degan saat adonan mulai masuk ke oven, harap-harap cemas saat melihat adonan mulai mengembang di dalam oven, dan kesenangan yang luar biasa saat cake bisa dikeluarkan dari loyang dengan cantiknya.

Ada yang bilang baking is a science, dan saya setuju dengan itu. Disaat bahan-bahan mulai dimasukkan ke bowl mixer, disitulah semua dimulai dan tidak bisa dikoreksi. Perbedaan sedikit takaran bahan, waktu pemrosesan, temperatur oven ataupun urutan pembuatan, itu semua sangat mempengaruhi keberhasilan pembuatan cake. Bisa dibilang, gampang-gampang susah, tapi ya itu yang membuat baking menjadi menyenangkan  :-) . Apakah sekirannya bakal jadi hobi baru? Mungkin.

Oh ya ini resep untuk membuat basic cake, barang kali temen-temen penasaran pengen coba juga:

Alat

-Mixer dan Bowl

-Loyang

-Spatula

-Oven

Bahan 1

-250 Gram Mentega

Bahan 2

-6 Butir Telur Ukuran Besar (putih dan kuning)

-200 Gram Gula Pasir (Disesuaikan dengan keinginan, tapi jangan terlalu banyak)

-1 Sendok Teh Penuh Ovalet

Bahan 3

-250 Gram Tepung Terigu

Cara Membuat

-Cairkan Bahan 1, sisihkan sampai dingin

-Mixer semua Bahan 2 sekaligus sampai mengembang, bewarna putih pearl, dan seperti butter cream (kurang lebih 5 menit, kecepatan mixer 4/5).

-Setelah itu masukkan Bahan 3 sedikit demi sedikit, sampai semuanya tercampur (1-2 menit)

-Terakhir masukkan Bahan 1, yang sudah dicairkan tadi sedikit demi sedikit (1-2 menit)

-Pastikan semua bahan tercampur dengan rata

-Masukkan adonan kedalam loyang yang sudah dilapisi mentega, dan siap untuk dimasukkan ke oven.

-Kalau mau ada kombinasi warna, setelah jadi, adonan bisa dicampur dengan pewarna/perisa makanan.

-Untuk oven, suhu sekitar 175/180, atau kalau yang menggunakan oven manual, sembari memproses adonan diatas, oven sudah mulai dipanaskan dengan api kecil. Jadi, ketika adonan siap, oven juga sudah panas.

-Proses pengovenan kurang lebih 40 menit. Ingat! jangan membuka-buka oven sebelum kira-kira cake matang karena akan mempengaruhi suhu.

-Dan setelah itu, cake siap di sajikan.

Selamat mencoba ya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>