review film the big short

Movie Review : The Big Short

Sebagai fans setia Christian Bale, peran apa pun dalam film apa pun yang dimainkannya, saya pasti selalu excited untuk menonton. Tidak seperti ketika menonton film lain yang biasanya saya sibuk cari tau dulu preview dan review nya sebelum nonton; filmnya tentang apa, aktornya siapa, kritiknya bagaimana, dan banyak pertimbangan lainnya, ya..cukup dengan melihat nama “Bale”, tanpa pikir panjang pasti akan saya tonton. Kenapa begitu? Karena saya percaya as a decent actor pasti dia sudah mempunyai standarnya sendiri untuk memilih sebuah film.

Seperti beberapa waktu lalu, ketika melihat ada streaming-an The Big Short dan di posternya ada muka dan nama Christian Bale, langsung deh saya klik. Dan lebih menariknya lagi, ternyata ada nama-nama besar lain yang juga membintangi film ini, yaitu : Steve Carell, Ryan Gosling, dan Brad Pitt. Kira-kira bisa kebayangkan..gimana serunya film bertabur aktor-aktor keren ini?  😎 .

review the big short

The Big Short Poster

Film yang bergenre biographical comedy-drama ini, bercerita tentang kejadian subprime mortgage crisis yang terjadi sekitar tahun 2007-2009 di US. Masih ingat kan dengan kejadian ini? Singkatnya krisis ini terjadi berakar dari kredit macet perumahan. Tadinya hampir semua orang beranggapan bahwa bisnis kredit properti ini adalah bisnis dan investasi yang menguntungkan, bahkan nilainya akan selalu naik dari waktu ke waktu. Para “pemain angka” disana, sampai-sampai berani meminjam dana besar-besaran untuk diinvestasikan ke KPR ini. Tak hanya sampai disitu, spekulan, insurance company, dan pelaku money market yang lain juga tak mau ketinggalan ikut dalam skema KPR yang digadang-gadang sangat menggiurkan ini.

the big short5

Salah Satu Scene di Big Short

Tidak seperti  spekulan yang lain, Michael Burry (Christian Bale) seorang hedge fund manager yang dikenal eksentrik ini memiliki perhitungan yang berbeda. Dari data-data KPR yang telah dia olah, dia mempresdiksi bahwa suatu saat nanti KPR ini akan kolapse dan berpotensi menyebabkan krisis. Atas perhitungannya ini, tak ada satupun yang percaya akan prediksinya. Hingga dia akhirnya berani menantang para banker untuk membuatkan produk finansial khusus untuk bertaruh di investasi KPR (jika harga investasi KPR naik, si Burry harus membayar, jika harga turun maka dia akan menerima uang). Tentu saya para banker sangat senang dengan tawaran Burry tersebut (dengan keyakinan harga propeti tidak akan turun). Tak hanya Michael Burry, Jared Vennett (Ryan Gosling) yang mendengar prediksi MIchael Burry ini pun bekerja sama dengan tim Mark Baum (Steve Carell)  untuk mengkonfirmasi perhitungan Burry yang mana akhirnya mereka mengikuti jejak Burry untuk bertaruh. Di tempat terpisah, dua investor muda yang juga mendengar prediksi ini, meminta bantuan Ben Rickert (Brad Pitt) untuk ikut juga menginvestasikan uangnya di credit default swap. Dan benar saja, apa yang di prediksikan Michael Burry terjadi walaupun banyak pihak yang berusaha menutupi kegagalan finansial tersebut.

Begitulah kira-kira cerita dari Film The Big Short ini. Lumayan pake mikir ya? Kalau untuk yang lupa atau belum tau tentang krisis Suprime Mortgage, memang ada baiknya baca-baca sedikit sebelum menonton, dari pada nonton tapi sibuk mikir apa ini apa itu. Disutradarai Adam McKay yang memang dikenal sebagai sutradara atau script writer untuk live show atau film berbau komedi, tak melulu soal politik uang, film ini dikemas seringan mungkin dengan ditambah unsur-unsur komedi, agar isi dari film bisa tersampaikan dengan baik ke penonton. Kalau soal aktor nya, seperti yang sudah diprediksi di awal, kemampuan mereka sudah tidak diragukan lagi. Cerita yang menarik, pengolahan dan penyutradaraan yang bagus, serta didukung oleh aktor-aktor keren, film The Big Short ini berhasil masuk ke jajaran film yang diunggulkan di berbagai penghargaan seperti Golden Globe dan Academy Awards.

One thought on “Movie Review : The Big Short

  1. Nugros C says:

    Salam kenal,,
    keren nih film…walau awalnya gw juga skeptis dgn temanya dan sutradaranya (?)

    tapi ternyata mampu dikemas dgn menarik,, dan gw yg ga ada background finance sama skali tetep bisa mengikuti…walau mungkin agak caur jg dgn istilah2nya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>