Lereng Gunung Sindoro

Menikmati Sumbing dan Sindoro dari Posong dan Embung Kledung

Minggu 4 Oktober 2015 jam 1 pagi:

A = Adek     R = Saya     M = Mama

A : “Mbak ayo bangun, siap-siap!”

R : “Aaakh ngantuk, belum juga tidur!”

A : “Lha piye? Kemaren katanya ngajakin ke Posong, malah sekarang ga mau brangkat!”

R : “…….. (pura-pura tidur)”

M : “Nduk ayo tangi!”

R : “Ga ikut ah ma, ngantuk!”

M : “Wes lho tenan ga ikut..?”

………..

Itulah percakapan di rumah dini hari tadi. Saya yang tiba-tiba malem itu susah tidur, jadi ga mood buat pergi berburu sunrise seperti yang sudah direncanakan sehari sebelumnya. Lima belas menit menimbang mau ikut atau enggak, akhirnya saya turun kasur, memutuskan buat ikut dengan pikiran “siapa tau nanti karena diatas dingin jadi bisa enak buat tidur” 💡 .

Yap..minggu pagi ini saya bersama orang rumah dan beberapa teman adek saya, memang sudah berencana untuk menikmati sunrise di Dataran Tinggi Posong Temanggung. Berada di Desa Tlahap, Kec. Kledung, yang masih di dalam wilayah tempat tinggal saya yaitu Kabupaten Temanggung, tempat yang masuk ke kategori wisata alam ini adalah salah satu objek wisata andalan Kota Temanggung, dimana pengunjung bisa menikmati sunrise dengan background 7 puncak gunung di Jateng-DIY yaitu ; Gunung Sumbing. Merbabu, Merapi, Andong, Ungaran, Telomoyo, dan Muria. Hanya 40 menit dari rumahyang terletak tak jauh dari Alon-Alon Temanggung, kami berangkat jam 01.55. Dari Temanggung kota, untuk menuju ke Posong ikuti saja petunjuk jalan menuju arah Wonosobo, karena Kledung ini letaknya diperbatasan Temanggung-Wonosobo. Kalau sudah memasuki wilayah Kledung, gapura masuk ke Wisata Alam Posong ada di kanan jalan.

Peta Wisata Kledung Temanggung

Jam 02.35 sampailah kita di gapura masuk Posong dan ternyata gerbangnya masih tutup. Ketok-ketok pintu pos satpam, ternyata kata penjaganya pintu dibuka dari jam 3..kepagian kita ternyata 😆 , tapi setelah melobi akhirnya dibukain juga gerbangnya dengan membayar tiket Rp 17.000/7 orang 1 mobil (lupa tanya per orangnya berapa). Dari gerbang masuk, masih harus berkendara lagi sekitar 30 menit untuk sampai ke spot.

Berada di ketinggian sekitar 2000 mdpl, pastilah suhu dan angin di Posong ini lumayan bikin meler. Jadilah saya meringkuk di mobil sambil menikmati pop mie. Walau didalam mobil, yang tadinya rencana tidur, malah tambah bikin ga bisa tidur karena dingin masih juga terasa :roll: . Menghilangkan bosan menunggu, akhirnya saya keluar untuk menikmati pemandangan lampu-lampu kota dari atas sini.

Mars VS City Light

Sekitar jam 05.00 langit sudah mulai ada tanda-tanda semburat orange, pertanda saatnya cari spot untuk menikmati sunrise.

sunrise di posong temanggung

Detik-detik Sunrise dengan Siluet Gn. Sumbing

Agak sayang sih, kabut pagi itu agak sedikit tebal dan berawan sehingga hanya Gunung Sumbing Saja yang keliatan. Tapi lumayan lah, udah agak lama ga liat sunrise.

Kawasan Posong ini, menurut saya sudah dikelola dengan cukup baik, selain akses jalan yang bersahabat, fasilitas lain seperti tempat parkir, gazebo-gazebo untuk berisirahat, warung, mushola, dan toilet sudah ada disini.

Wisata Alam Posong

Puas selfie-selfie, sekitar jam 06.30 kami meninggalkan Posong ini. Dan karena sepertinya masih sejuk kami pun sekalian mampir ke Objek Wisata Temanggung lainnya yaitu Embung Kledung.

Embung Kledung Dengan Background Gn. Sindoro

Embung Kledung Dengan Background Gn.Sindoro

Berjarak kurang lebih 1 km dari Posong, sebagai patokan, jalan masuk ke Embung Kledung adalah di samping pom bensin keladung pass atau bisa juga dari jalan sebelum TPU kledung. Sepeti namanya, Embung Kledung ini adalah kolam besar tempat penampungan air. Yang menarik dari embung satu ini adalah backgroundnya yang cantik yaitu Gunung Sindoro dan Gunung Sumbing karena lokasi tampat ini memang ditengah-tengah antara 2 gunung kembar tersebut.

Embung Kledung Dengan View Gn. Sumbing

Tempat ini cocok untuk keluarga yang mau piknik atau anak-anak muda yang sekedar mau touring. Sayangnya tempat yang indah ini harus dihiasi dengn coretan anak-anak alay “Mama cynk Papa” 👿 . Touring boleh, pacaran monggo..tapi jangan sampai karena galau tempat wisata kotor karena coretan..oke? 😉

Sebenarnya perjalanan kami tidak sampai sini saja, setelah dari Embung Kledung kami menuju Situs Liyangan yang merupakan komplek candi hindu dimana sampai sekarang masih dalam proses penggalian (karena saking luasnya) dan di prediksi berumur lebih tua dari Candi Prambanan..next posting yaa :-)