Kampung Rawa Ambarawa

Kampung Rawa, Alternatif Wisata Keluarga di Ambarawa

Masa libur panjang seperti liburan akhir tahun kemarin, pastinya banyak dimanfaatkan untuk menghabiskan waktu bersama keluarga atau berwisata mengunjungi tempat-tempat baru. Untuk yang tinggal atau mudik ke Jawa Tengah tepatnya di Jawa Tengah bagian tengah yang mencakup Semarang, Temanggung, Boyolali, Magelang, Wonosobo, mungkin sudah terlalu biasa kalau liburan dihabiskan  untuk berkunjung ke tempat-tempat yang mainstream seperti ke Dieng, Bandungan, Simpang Lima atau ke Jogja. Selain sudah biasa, pada masa-masa liburan panjang biasanya tempat-tempat tersebut penuh sesak oleh wisatawan sehingga kadang kurang bisa dinikmati. Nah..untuk yang mau menikmati liburan bersama keluarga dengan nyaman, Kampung Rawa mungkin bisa dijadikan alternatif wisata keluarga untuk liburan panjang anda selanjutnya.

Untuk mengisi liburan akhir tahun 2015 kemaren, saya dan keluarga mencari-cari objek wisata keluarga yang sekiranya dekat dengan rumah, tidak terlalu padat, dan cocok untuk anak-anak. Dengan pertimbangan kalau misal ke Jogja sudah pasti macet atau kalau ke daerah bandungan-ungaran juga biasanya padat, kami pun memutuskan untuk pergi ke daerah Ambarawa. Ambarawa ini adalah salah satu Kecamatan di wilayah Kabupaten Semarang, yang biasanya dijadikan perlintasan daerah Semarang-Boyolali-Temanggung. Ada 3 hal yang orang akan ingat jika mendengar Ambarawa, yaitu Rawa Pening, Museum Kereta Api dan Serabi.

Museum Kereta Api Ambarawa

Museum Kereta Api Ambarawa

Selain atraksi tersebut, akhir-akhir ini ada satu lagi tempat wisata di Ambarawa yang juga tak kalah menarik, yaitu Kampung Rawa. Kampung Rawa sebenarnya bukan tempat baru karena sudah diresmikan dari Agustus 2012, tetapi baru kali ini saya mendengar namanya dan baru juga berkesempatan mengunjungi tempat ini. Tempat yang terletak di Km 3 Ring Road Ambarawa (ring road Semarang-Jogja) ini, cukup mudah untuk ditemukan karena jalan masuknya tepat di pinggir jalan besar. Kampung Rawa sebenarnya masih termasuk dalam area Rawa Pening dan bisa dibilang adalah versi modernnya Rawa Pening. Kenapa bagitu? Karena di sini wisatawan tidak hanya di suguhi oleh pemandangan rawa, tetapi juga disediakan fasilitas lainnya seperti; Perahu, area kolam pemancingan, rumah makan, area bermain outdoor, dan juga ruangan-ruangan untuk keperluan event.

Perahu Kampung Rawa Ambarawa

Perahu Siap Membawa Pengunjung Berkaliling Rawa Pening

Untuk tiket masuknya, pengunjung hanya membayar sesuai dengan fasilitas atau permainan yang digunakan. Yang paling menarik di tempat ini, menurut saya adalah perahu. Dengan tiket seorang 10 ribu (Per perahu maksimal 8 orang dewasa), pengunjung diajak berkeliling Rawa Pening selama kurang lebih 20 menit. Dari berperahu ini cukup banyak hal-hal yang menarik mata; Aktifitas para pemancing dengan perahu tradisional, hamparan enceng gondok, rumah-rumah apung dan karamba pencari ikan, burung-burung khas daerah rawa dan yang tidak kalah menarik adalah dari rawa pening ini kita bisa melihat 3 gunung sekaligus yaitu Gn. Merbabu, Gn. Telomoyo dan Gn. Ungaran.

Setelah berkeliling dengan perahu. Pengunjung bisa bermain-main atau mencoba fasilitas yang lainnya. Jika anda berpergian bersama anak kecil, mungkin anak-anak bisa bermain flying fox, atv, atau bermain scooter. Sambil ibu-ibunya menjaga anak-ank bermain, para bapak bisa mencoba keberuntungan di kolam pemancingan. Kolam pemancingan ini dikelilingi oleh gazebo-gazebo yang bisa di gunakan untuk duduk-duduk sambil memesan makanan.

Pemancingan Kampung Rawa Ambarawa

Area Pemancingan Kampung Rawa

Untuk ukuran tempat wisata keluarga, menurut saya tempat ini sangatlah pas. Bapak-bapak, ibu-ibu, anak-anak, semua anggota keluarga bisa menikmati  :-)

2 thoughts on “Kampung Rawa, Alternatif Wisata Keluarga di Ambarawa

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>