DSCN8299-01

Explore Singapore : Budget Terbatas? Hajar Aja!

Obrolan soal “Traveling Ke Singapura” pasti ga jauh-jauh deh dari yang namanya kata “mahal”. Akomodasi mahal, makanan mahal, minuman  mahal, belanja mahal…pokoknya semua serba mahal. Ya emang sih kalau dibanding dengan negara-negara tetangganya, biaya hidup disana memang relatif lebih mahal. Dengan air mineral dan nasi goreng sebagai pembanding, kira-kira kalau dibanding dengan negara kita, bandingannya 1 : 2,5. Lumayan berasa kan ya bedanya..?Terus nasib yang pengin banget kesana, tapi adanya budget pas-pasan gimana ya? Kalau kata saya sih, “ga gimana-gimana, nekat cusss aja”   :mrgreen: .

Walaupun cost traveling ke Singapore memang relatif mahal, sebenernya kalau mau rajin-rajin ngulik sih dengan budget minim pun semua bisa disesuikan. Misal : Kalau hotel berbintang dirasa kemahalan, cari aja hostel/guest house. Kalau hostel/guest house yang se room cuma 4-6 orang masih kemahalan, cari yang se dormnya 12-16 orang, dst. Intinya sih jangan takut dulu dengan bayangan “mahal”, tinggal disesuaikan aja dengan budget kita. Nah..di postingan kali ini, saya mau sedikit sharing hasil ulik-ulikan budgeting saya dengan destinasi Singapore, yang kalau menurut saya total budgetnya masih bersahabatlah buat kantong.

Marina Bay Singapore at night

Yang jadi patokan saya setiap bikin budgeting untuk travelling adalah harga paket tour dari biro tour & travel. Ya kalau ga bisa bikin budget lebih murah dengan destinasi sama, mendingan ikut rombongan tour. Udah pasti ga ribet, tinggal duduk manis, nyampe deh. Ya ga sih..?! Untuk budget travel kali ini, yang saya jadikan pembanding adalah harga paket tour corporate yang per packnya kurang lebih  4.5 jt (include pesawat dan tiket USS). Jadi sudah pasti target saya adalah bisa bikin budget kurang dari itu dengan itinerary paling ga sama dengan yang ada di paket tour.

Sebelumnya, kalau boleh dikelompokkan, apa aja sih pengeluaran utama saat traveling? Udah pasti ya transportasi, penginapan, konsumsi, dan tiket masuk adalah komponen utama yang perlu dipertimbangkan saat kita membuat rencanan perjalanan. Nah, karena target saya tadi adalah bisa mengunjungi tempat yang sama, berarti pengeluran utama selain tiket masuk tempat atraksi yang bisa di cut untuk menghemat pengeluaran antara lain adalah penginapan, transportasi, atau konsumsi. Yuk deh kita ulik satu-satu!

Penginapan

Tarif rata-rata penginapan di Singapore, kalau dibanding KL misalnya, memang lebih mahal. Untuk hotel berbintang 3 di daerah-daerah strategis, kebanyakan harga per-room sudah diatas 1 jt. Bahkan hostel pun kalau yang agak exclusive ada yang 400 rb/bed nya. Tapi tenang, ga semuanya mahal lah, kalau mau yang biasa-biasa juga ada yang per bed nya kisaran 100-200 rb. Masih kurang murah? back to basic, bisa pake cara filter di situs-situs booking hotel, pesen dari jauh-jauh hari dan nungguin kalau-kalau ada promo. Di Singapura, hotel/hostel murah bisa dicari disekitar Chinatown, Geylang atau Little India. Tapi kalau mau cari daerah yang agak nyaman, bisa mencari penginapan di daerah Lavender. Oh iya, diusahakan untuk mencari penginapan yang dekat dengan station atau shelter transportasi, biar ga nambah lagi cost transportnya.

Transportasi

Untuk transportasi, terutama tiket pesawat, sudah pasti kalau mau dapet murah, rajin-rajin aja cek promo baik di situs maskapainya langsung atau di situs yang menyediakan penjualan tiket. Lumayan lho, kalau lagi ada big sale bisa dapet harga tiket 60% dari harga normalnya. Kalau untuk transport di Singapore-nya, pastilah MRT masih menjadi andalan. Alternatif lain, kalau yang males jalan jauh di subway, bisa juga menggunakan bus. Tips lain, untuk menghemat ongkos transport adalah dengan membeli unlimited pass (Singapore Tourist Pass). Dimana dengan STP, kita bisa naik MRT/Bus sepuasnya tanpa ribet lagi beli tiket satuan. Jadi karena pemakaiannya unlimited, kalau destinasi kita banyak, lumayan banget dengan STP ini kita bisa cut budget.

Konsumsi

Makanan dengan menu standar (seperti nasi hainan, dkk) di Singapura rata-rata berkisar SGD 5, kalau untuk minumannya range harga sekitar SGD 1-3. Balik lagi ke cari yang murah-murah, di Singapura ada semacam kedai, Ananas Cafe salah satunya, yang menjual makanan rumahan (semacam warteg mungkin kalau disini) dengan harga sekitar SGD 2.5. So, waktu mencari penginapan ada baiknya juga kalau mempertimbangkan faktor dekat dengan tempat makan murah ini. Dan untuk lebih berhemat lagi, bisa juga memilih penginapan yang sudah include breakfast atau pun yang menyediakan pantry.

Ini Budget Yang Saya Pake Untuk Jalan-jalan Kali Ini

Ini Estimated Budget Yang Saya Pake Untuk Jalan-Jalan Ke Singapura Kali Ini

Alhasil, dari cuttingan-cuttingan budget diatas, estimated cost jalan-jalan ke Singapura yang saya buat jadi lumayan bersahabat lhoo….dari 4.5jt all in (USS Included) bisa dibuat cuma jadi 2,9jt! lumayan kan? Itu juga masih bisa dikurangi kalau mau  :-)

Jadi, masih takut mahal jalan-jalan ke Singapura?

PS : Untuk cerita jalan-jalannya, tunggu postingan berikutnya ya  😉 . Dan kalau ada yang mau softcopy budgeting/itinerarynya. Seperti biasa…tinggalin jejak aja lewat comment.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>