Bangunan Merah melaka

Explore Kuala Lumpur dan Melaka (Part 4) : Magnetisme Bangunan Merah Melaka

Di hari ke tiga, tujuan utama kami adalah exploring Melaka. Dari referensi beberapa tayangan jalan-jalan di tv dan juga beberapa film yang menggunakan setting di Melaka (Malacca) ini, saya pun jadi sangat tertarik untuk suatu saat bisa mendatangi tempat ini. Kebetulan sudah sampai Kuala Lumpur, walau waktu efektif yang saya punya hanya 2 hari, saya pun mencoba memadatkan itenerary demi bisa memasukkan destinasi Melaka ini.

jarak kuala lumpur ke melaka

Kuala Lumpur To Malacca

Berangkat dari hotel jam 7 pagi, seperti biasa, kami memulai perjalanan dari Stasiun Imbi menuju Stasiun Bandar Tasik Selatan. Untuk menuju Melaka, transportasi umum yang bisa digunakan adalah dengan naik bus antar kota, diman bisa kita temukan di salah satu terminal besar di Kuala Lumpur yaitu Terminal Bersapadu Selatan (TBS). Stasiun Bandar Tasik Selatan tadi adalah stasiun yang terintegrasi dengan TBS, jadi sampai di stasiun ini, tinggal ikuti petunjuk arah, maka kita akan langsung masuk ke dalam area terminal.

Terminal Bersepadu Selatan Kuala Lumpur

Terminal Bersepadu Selatan

Tiketing Terminal Bersepadu Selatan Kuala Lumpur

Antrian Counter Tiket

Tak jauh dari pintu masuk, deretan konter tiket berjajar di sebelah kanan. Cari saja antrian yang tidak begitu padat dan perhatikan tulisan apakan konter itu hanya menjual tiket ke tujuan tertentu atau semua tujuan. Giliran saya pun tiba dan saya sebutkan tujuan saya yaitu Melaka. Si mbak-mbaknya pun akan menunjukkan pilihan bus menuju ke melaka. Saya pun memilih pemberangkatan yang paling dekat yaitu jam 08.30 dengan Metro Bus dan harga tiket per orang RM 10. Disini, untuk wisatawan manca akan dimintai pasport untuk pengisian data. Setelah tiket ditangan, kami pun jalan cepat untuk menuju gate keberangkatan karena bus akan berangkat 10 menit lagi

Terminal Bersepadu Selatan ini sudahlah modern dan dikelola dengan baik, sudah seperti bandara kalau mau dibayangkan. Tak menunggu lama tepat pukul 08.30 bus kami pun tiba.

Tiket Metrobus Ekspres Kuala Lumpur-Melaka

Tiket Metrobus Ekspres

Metrobus Datang :-D

Metrobus Datang :-D

Interior Bus Metrobus Kuala Lumpur

Interior Bus

Tidak seperti yang saya kira, bus yang hanya RM 10 ini sangat lah nyaman. Seperti bus super eksekutif lah kalau di negara kita. Waktu tempuh Kuala Lumpur-Melaka yang 2 jam pun kami manfaatkan untuk kembali tidur 😛

Akhirnya kami pun sampai di terminalnya Melaka yaitu Melaka Sentral. Kami pun turun dari bus dan mencari petunjuk arah untuk menuju pintu pemberangkatan bus domestik. Kalau kebingungan mencari busnya, tanyakan saja dimana letak bus tujuan bangunan merah. Menunggu kurang lebih 30 menit, Bus Panorama line 17 tujuan akhir Ujong Pasir pun datang. Tak ada loket, tiket RM 1.5 ini bisa langsung dibeli di supir busnya saat masuk ke bus.

Bus Panorama Melaka

Bus Panorama Melaka

Tiket Bus Melaka Sentral-Bangunan Merah

Tiket Bus Melaka Sentral-Bangunan Merah

Bus tujuan Bangunan Merah ini, berhenti benar-banar di depan pelataran red square, jadi jangan takut salah turun, pokoknya kalau udah masuk ke jalan yang bangunan kanan-kirinya bewarna merah, itu tandanya bentar lagi sampai. Sekitar 30 menit dari terminal, kami pun sampai di area bangunan merah ini.

Peta Melaka (Malacca Map)

Peta Melaka

Ada beberapa atraksi di area ini. Diantaranya The Stadthuys, Christ Church, Queen Victoria Memorial Fountain, Famosa (Porta De Santiago), Bukit St. Paul, Jongker Street untuk membali oleh-oleh dan Beberapa Museum, yang semuanya bisa dicapai dengan jalan kaki. Tapi kalau yang malas berpanas-panasan, ada becak hias yang bisa disewa tarif RM 40 untuk satu jam berkeliling.

Komplek Bangunan Merah

Komplek Bangunan Merah

View Melaka Dari Atas Famosa

View Melaka Dari Atas Famosa

Porta De Santiago (Famosa Fort)

Porta De Santiago (Famosa Fort)

Queen Victoria Fountain Melaka

Queen Victoria Fountain

Ketika perjalaan kembali ke Melaka Sentral (Dengan naik bus yang sama), karena rutenya yang agak memutar, jadilah seperti Melaka City Tour. Bisa dibilang ke Melaka ini  adalah wisata kota tua dengan suasana daerah khas daerah pesisir. Warga sepertinya banyak tinggal di rumah-rumah susun yang terkesan sudah jadul. Kalau saya liat kota ini termasuk sepi, keramain paling terlihat disekitar area mal-mal yang ada di situ. Kami pun kembali ke KL untuk meneruskan KL City Tour.

Sampai di Stasiun Bandar Tasik Selatan sekitar jam 14.00 hujan kembali turun, terpaksa harus menunggu dulu untuk bisa ke KLCC. Sekitar jam 15.30, tau hujan reda kami pun buru-buru membeli tiket LRT tujuan KLCC karena takutnya hujan lagi..kan agak ga lucu kalau ke KL tapi ga selfie sama gedung kembar satu itu :roll: .

Twin Tower

Twin Tower

Pengennya sih nonkrong aja di sekitar KLCC sampai agak malem, biar dapet foto day & night Twin Tower. Tapi berhubung ini masih jam 5 dan kayanya kelamaan nunggu, kami pun pergi ke Petaling Street atau Chinese Town nya KL untuk mencari oleh-oleh. Letak Petaling Street ini sangat dekat dengan Pasar Seni, jadi kalau mau menggunakan monorel bisa turun di Stasiun Pasar Seni dan jalan sekitar 10 menit.

Petaling Street Kuala Lumpur

Petaling Street

Di Petaling Street ini kebanyakan dijual barang-barang KW seperti tas, sepatu, jam tangan dan baju. Untuk kios oleh-oleh souvenir KL tidak begitu banyak disini, tapi harganya lebih murah dibanding toko souvenir di Pasar Seni. Jadi kalau yang mau mencari oleh-oleh seperti gantungan kunci, kaos, miniatur, dan souvenir lainnya, lebih baik membeli di Petaling Street ini.

Setelah dari Petaling Street, adek saya yang belum puas belanja coklat dan makanan kemaren, mengajak untuk kembali ke Pasar Seni. Jadilah kita jalan ke Pasar Seni untuk borong coklat. Sebenarnya kalau yang ingin berburu coklat ada beberapa Rumah Coklat di KL ini seperti Cocoa Boutique atau Beryl’s, tapi karena kata blog-blog tetangga harga coklat di disana juga ga murah-murah amat, kamipun memilih untuk membeli di Choc Pasar Seni yang sudah lumayan lengkap pilihannya.

Setelah puas beli coklat, kamipun balik lagi ke KLCC demi foto Twin Tower malam hari 😎 .

Twin Tower at Night

Twin Tower at Night

4 days 3 nights dengan waktu efektif 2 hari, tuntas sudah perjalanan kita mengexplore Kuala Lumpur dan Melaka. Overall, perjalanan kami semuanya lancar dan menyenangkan, walau sangat capek karena itenarary yang sangat padat. Malam itu pun ditutup dengan packing, karena besok pagi kami harus kembali ke Jakarta.

Habis ini enaknya kemana lagi ya? Naik gunung asik kali  😉 atau coba cari destinasi ke asia selatan? pantengin tiket murah dulu ah :mrgreen:

See You Next Trip!

PS: Kalau temen-teman ada yang mau itinerary lengkap, soft copy peta-peta penting, rincian cost, dan info lainnya tentang perjalanan saya ke KL-Melaka ini, silakan tinggalkan pesan di komen :-)

 Related Post:

  1. Explore Kuala Lumpur dan Melaka (Part 1) : Perjalanan Menuju Kuala Lumpur
  2. Explore Kuala Lumpur dan Melaka (Part 2): Menjajal 272 Tangga Batu Cave
  3. Explore Kuala Lumpur dan Melaka (Part 3) : KL City Tour

142 thoughts on “Explore Kuala Lumpur dan Melaka (Part 4) : Magnetisme Bangunan Merah Melaka

  1. merlin says:

    asik bgt kayaknya eksplore KL & Melaka buds, keep posting ya buds, eke mau dong itinerarynya yg super padat itu, mamacih bude! ****

  2. Indah Miranti says:

    Nice info nih mba.. kynya disana menarik yah.
    btw, aku tertarik bgt ke malaka.. boleh minta softcopy peta, itinerary, dan catatan cost nya mba?

    thanks before,,

  3. Hanif says:

    Mba, mau nanya. Klo dari bangunan merah ke melaka sentral bus 17 naiknya ditempat yg sama ya? Agak bingung aja klo dari bangunan merah ke melaka sentral

      • Hanif says:

        Berarti ikut sampai stesen terakhir baru lanjut ke melaka sentral tp tetep di bisnya? 1.5rm jg? Bilangnya pas di bangunan merah sama supirnya “ke melaka sentral” ya mbak?haha byk nanya semoga ngerti maksud saya…

        • rsasti says:

          Yap..ikut bisnya muter sampai tujuan akhir ga usah pake ganti bis,lumayanlah sambil liat2 daerah melaka hehe. Cuman jadinya ya agak jauh, dari bangunan merah ke melaka sentral ada kali satu jam. Kalau tarifnya, aku agak lupa antara 1.5RM atau kalau ga cuma beda tipis lah ga banyak. Iya pas naik dari bangunan merah bilang ke supirnya tujuan melaka sentral.

  4. Hanif says:

    Ok ok… Soalnya sekarang lagi di malaka,haha… Ini kedua kali sih tp yg pertama itu dari bangunan merah ke melaka sentral pake GrabTaxi 7myr

  5. Trie says:

    Seru mbak pengalamannya, dan saya membuat saya pernah KL bareng keluarga, tapi blom ke melaka, dan rencana nya agustus mw ke KL lagi tapi bareng temen2 dan rencananya mw ke melaka, dan genting…
    Boleh dong mbak dikirimin itenary nya, sama rincian biaya… ke trie.kurnia@gmail.com
    terima kasih sebelumnya…

  6. Mia Melani says:

    Wah pas banget nih destinasinya sama saya. Next week aku mau ke malaysia nih. Boleh minta itinerary lengkap, soft copy peta-peta penting, rincian cost, dan info lainnya tentang perjalanan ke KL-Melaka ke email saya? Thanks a lot before :)

  7. christine says:

    Hallo mba,

    Wah pgn banget ikutin jadwal nya mba, kebetulan aku mau ke KL, Kyna seru juga kalo skalian ke Mallaca. Minta itinerary lengkap, map, budget dan tempat2 menarik di KL & Mallaca yah mba. Tlg email ke christyn.djaxxx@yahoo.com. Di tunggu emailnya. Thx u mba

  8. sari agus priyanti says:

    Hallo mbak Resti..baca blog ini ibarat gayung bersambut,,sy lg cari info mau ke kl ni mbak stlh lebaran..
    Aq mau donk mbak itinerary dan rincian biaya nya mbak resti…
    I really appreciate it…
    Thank you very much…

  9. diana dongwon says:

    Saya juga rencana minggu ini dari KL mau ke Melaka dan genting bisa minta caranya dari stasiun imbi naik apa ya? Sama litenarynya biaya yg lengkap ya, terima kasih:-)

    • rsasti says:

      Halo mbak diana..udah aku kirim ya :)

      Dari KL ke melaka,klo naik monorail nanti turunnya di stasiun bandar tasik selatan. Itu stasiunnya langsung nyambung ke terminal bersepadu selatan,dari terminal baru naik bus ke melaka.

      Klo ke genting, bisa naik bus dari KL sentral (dari stasiun imbi cari monorail ke stasiun KL Sentral)

  10. Louise Elizabeth says:

    Salam kenal,

    Terkesan dengan cerita perjalanan kalian ke KL dan Melaka…juika berkenan saya minta di email details itinerary dan cost nya krn saya berencana ke KL akhir Juli i2016 ini.

    Terima kasih.

    Salam,
    Louise

  11. kiki says:

    Wah keren.. tapi kurang puas ceritanyaa heheh
    biar puass mau langsung melipir aah..
    libur lebaran ini ke KL, nah jadi langsung pengen ke Melaka, boleh donk dibagi referensinya budget,itin,peta, etc yang mendukung buat nggembel di negeri jiran :)
    boleh ya di email ke renandiatexxx@gmail.com

    terimakasiih.. :)

  12. KARINA says:

    Hallo mba.. Salam kenal..

    Bln dpn Aku rencana mau ngebolang jg nih ke kl & melaka.. Blh bagi referensinya ga mba.. Soalnya aq blm pernah ksana sm skali jd sngt butuh bnyk referensi..
    Thanks mba :)

  13. mia says:

    hallo mbak saya mau dong itinerary lengkap, soft copy peta-peta penting, rincian cost, dan info lainnya . thanks yaa

  14. Missdwi says:

    Mbak’e..
    Boleh dong dikirimin itinerary nya, biar bisa explorer kuala lumpur – melacca bulan depan.
    Biar jalan2 nya bisa di full time kan.
    Thanks so much mbak.

  15. setya ayu says:

    hai mbk resty,,, salam kenal. saya suka postingan mbk ini cukup detail dan menarik..

    kebetulan saya ada rencana solo trip ke malaysia tahun depan tepatnya tgl 24-26 maret 2017 saya ambil flight malam dari surabaya sampai di KL tengah malam dan balik ke surabaya pukul 7 malam dari KL.. rencana tujuan saya ingin ke Melaka dan Kuala Lumpur. saya boleh minta tolong untuk itinerary lengkap, soft copy peta-peta penting, rincian cost, dan info lainnya mbak..
    bisa kirim ke email saya setyaayxxx@gmail.com
    sebelumnya terima kasih banyak ya mbk.. :)

    • rsasti says:

      wiih mantep nih mau solo trip, aku malah belum pernah cobai kalau jauh2.Semoga taun depan bisa nyusul cobain solotrip 😛

      terima kasih lho udah mampir diblog aku,itin dll udah dikirim yaa :)

  16. Lina says:

    Oiya sama minta rincian cost dan itin ya..kalau beli oleh2 perkuraan harga berapa ya( kaos/ gantungan kunci)..thank you very much

  17. Susan says:

    Hi sist…boleh minta rincian biaya ama iltenery nya kah kirim k email ak soalnya ntar tgl 19 ini mau coba jalan k melaka…thank you yaaaa ama kalo ada peta nya juga bole…….

  18. gilang says:

    Hi mba…boleh minta rincian biaya ama iltenery nya kah kirim k email ak ,hehehehe mau coba jalan k melaka…thank you yaaaa ama kalo ada peta nya juga boleh…….

  19. ika manurung says:

    Haii mbaa,, salam kenal :) Menarik bgt cerita perjalanannya… Aku mau dong dikirimin ittenerary dan soft copyny, soalnya tgl 2/09 aku rencana ke kuala lumpur.. Makasih sebelumnya hehe….

  20. Tryono Taqwa says:

    Hi, Salam kenal.
    Bolehkah saya minta tolong dikirimkan softcopy peta-peta penting di malaka beserta rincian cost nya? Terima kasih yaa

  21. Irma says:

    Reviewnya bagus dan jelas mba, bulan depan rencana mau malaka trus ke KL, boleh minta itinerary & rincian biayanya mba untuk referensi, makasih sebelumnya..

  22. Winda Z says:

    Halo mbak resti, tujuan perjalanan nya mirip sama tujuan perjalanan saya, boleh minta itinerary lengkap, soft copy peta-peta penting dan rincian cost nya ya kak biar jdi referensi perjalanan saya nanti, terima kasih info nya
    kirim ke email ini ya mbak
    winda.zairinxxx@gmail.com

  23. Ayu Permatasari says:

    Review nya sangat membantu sekali mbak… Aku rencana blm Desember mau ke malaysia… Boleh sharing itin, maps, dan rincian cost nya dong mbakk… Makasih banyakk sebelumnyaa..

  24. Bram says:

    mbak, boleh minta itin berikut map map ny ga mbak, kmren sy udah ke kl, tpi blom sampe malaka, dan ke kl jg ga puas,krn saya bareng teman yang jalanny k mal trus, rencana mo single fighter ni kesana, rencana sampe malaka jg, trims sblumnya mbak

    • rsasti says:

      udah aku kirim ya barusan hehe sori baru sempet
      waah iya kalau bareng temen emang jatohnya mesti ada yang kelewat2, kecuali udah sepakat diawal.
      .
      selamat ngebolang lagi ya :)

  25. Widiarta Yang says:

    Hi…
    Perjalanannya kedengarannya sangat menyenangkan.
    Boleh minta softcopy itinerary dan cost selama disana?
    Terima kasih

  26. Fuji says:

    Serruuuu bgt baca blog nya ka resti, ka boleh minta ittenary n soft maps nya tolong krim ke email fujicutexxx@gmail.com cz ada planning 2017 ke KL tapi sesudah baca blog’y kk.. Malaka kota yg asyiikk kyak’y n perlu dikunjungi ^_^)*

  27. Vanny says:

    Hai Mba, tulisannya sangat membantu, kalau boleh saya minta peta-peta penting yang dipakai selama di KL ya, kebetulan akhir Nov ini mau kesana juga. Terima kasih sebelumnya ^^

  28. pitta says:

    hai mbk resti…
    desember ini saya juga ada rencana ke KL-Malaka
    boleh minta share itiniary, cost, peta dll nya mbk? terima kasih ya bantuannya

  29. deeshanty says:

    Hai Rsasti salam kenal..boleh minta rincian map, ittinerary, budget dll nya juga ya mbaa. Kebetulan tgl 7 Desember ini saya akan solo backpacker ke Malaysia selama 4D3N. Makasih ya mba bantuannya. :)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>