mata uang malaysia

Explore Kuala Lumpur dan Melaka (Part 1) : Perjalanan Menuju Kuala Lumpur

Perjalanan saya kali ini berawal karena tergiur promo tiket super murah dari Air Asia yang akhirnya di booked sejak Oktober tahun lalu dengan jadwal terbang 3-6 September 2015. Cukup sabar menunggu, akhirnya bulan September 2015 pun datang. Itenerary yang sudah di otak-atik dari dua minggu sebelumnya, berhasil disusun dengan cantik dan siap untuk dijadikan panduan trip saya kali ini yaitu meng-Explore Kuala lumpur dan Melaka!

3 September 2015, berangkat berdua dengan adek saya, perjalanan kami pun dimulai dari Stasiun Tawang Semarang untuk menuju Jakarta karena pesawat kami berangkat dari Cengkareng. Dengan kerata api menoreh yang berangkat jam 08.00, kami pun sampai di Stasiun Senen kurang lebih jam 15.00.

Stasiun Tawang Semarang

Dari Stasiun Senen kita ke Gambir untuk naik Damri ke bandara. Sambil menuggu pesawat yang akan boarding jam 20.30, saya sudah janjian dengan teman yang ada di Jakarta. Lumayanlah dapet update gosip balada ibu kota ๐Ÿ˜› .

Sekitar Jam 20.30 panggilan flight Air Asia AK 387 terdengar. Hwiih akhirnya…seneng campur deg-degan sih waktu mau berangkat karena ini adalah pertama kalinnya self arranged trip saya ke luar negeri. Agak was-wasnya karena dapet flight malem dan kira-kira bakal sampai bandara KLIA2 sekitar jam 12 malem waktu setempat, ngeri kalau nyasar sih karena harusnya jam-jam segitu bandara dan jalanan sudah sepi.

Berangkat dengan bismillah, mendaratlah kita di Bandara KLIA2 kurang lebih jam 00.00 waktu KL dimana waktu disini lebih cepat satu jam dibanding WIB. KLIA2 adalah bandara untuk pesawat-pesawat low cost nya Kuala Lumpur sebagai pengganti Bandara LCCT. Bandara yang gede banget ini, untuk ukuran sebagai bandara khusus pesawat low cost menurut saya sudah sangat keren. Saking luasnya bandara ini, sampai-sampai saya juga ga yakin apakah jalan saya menuju counter imigrasinya benar karena kayanya jalannya jauh banget. Berjalan kurang lebih 20 menit (sambil deg-degan kalau salah jalan) dari gate kedatangan, akhirnya keliatan juga counter imigrasi yang dicari-cari.

Panduan Kedatangan di KLIA2

Lancar melewati imigrasi, saya pun celingukan mencari counter untuk membeli kupon taxi.ย Sebenarnya ada beberapa alternatif transportasi dari KLIA2 menuju KL Sentra diantaranya KLIA Exkspres, KLIA Transit, atau bus. Tapi berhubung sudah malam maka kami memilih naik taxi. Dari beberapa rekomendasi, disarankan untuk membeli kupon taxi ini di counter dari pada harus tawar menawar langsung dengan pak taxinya, takutnya dimahalin. Sayangnya karena saya sampai counter taxi sudah lebih dari jam 12, jadi lah kena tarif malam dimana tarifnya akan ditambah dengan 50% nya tarif normal. Dengan charge taxi RM 111.5 meluncurlah kami ke Hotel D’Or yang sudah saya booking sebelumnya. Hotel tersebut terletak di kawasan Bukit Bintang, tepatnya di jalan Tengkat Tong Shin No.18.

D'or Hotel Kuala Lumpur

D’or Hotel Kuala Lumpur

Kurang lebih satu jam lima belas menit perjalan. Sampai juga kita di hotel yang alhamdulillahnya sesuai harapan, murah-bersih-nyaman-strategis. Hari pertama yang cukup melelahkan karena harus menempuh perjalanan panjang Temanggung-Semarang-Jakarta-Kuala Lumpur. Tapi lega karena di hari pertama ini perjalanan berjalan lancar dan semua masih sesuai dengan plan. Kami pun beristirahat, mengumpulkan tenaga untuk mulai jalan-jalan yang sebernarnya esok hari.

PS: Kalau temen-temen ada yang mau itinerary lengkap, soft copy peta-peta penting, rincian cost, dan info lainnya tentang perjalanan saya ke KL-Melaka ini, silakan tinggalkan pesan dikomen :-)

Related Post:

1. Explore Kuala Lumpur dan Melaka (Part 2): Menjajal 272 Tangga Batu Cave
  2. Explore Kuala Lumpur dan Melaka (Part 3) : KL City Tour
  3. Explore Kuala Lumpur dan Melaka (Part 4) : Magnetisme Bangunan Merah Melaka

107 thoughts on “Explore Kuala Lumpur dan Melaka (Part 1) : Perjalanan Menuju Kuala Lumpur

1. Anna says:

Sista.Sepertinya kita korban tiket murah air asia..
    dengan jam keberangkatan dan tiba yang sama..
    saya berangkat tgl 29 oktober nanti..
    hanya saja..sesampainya di klia2..saya menginap di bandara karena sudah beli tiket aerobus ke genting..
    itinerary rencana saya adalah ke genting – melaka di hari ke 2 – dan kl di hari terakhir..masing2 tempat menginap dan sudah booked hotel..
    boleh saya minta utk rincian biaya dan itinerary nya mba?
    Terutama untuk perjalanan di kl nya..saya menginap di bukit bintang..dan msh bingung transportasi umum utk ke ps seni dkk dan klcc..
    jika berkenan..minta tolong email kan ke annavalerie90@gmail.com
    terima kasih sebelumnya

• rsasti says:

Nasib tiket promo ya..pilihan jamnya kalau ga pagi banget, ya malem banget hehe

Waah, keren nih bisa langsung ke tiga kota.
      Waktu di KL aku kebanyakan kemana-mana naik monorail/LRT. Stasiun di sekitar bukit bintang ada 2; Stasiun Imbi sama Stasiun Bukit Bintang pilih aja yang paling deket sama hotel. Kalau mau yang gratis bisa naik GO KL, tapi jangkauannya terbatas dan ga secepet naik kereta. Halte GO KL di bukit bintang ada di depan Mall Sungai Wang (deket stasiun bukit bintang)

Itenerary, peta wisata, peta transportasi, dan cost udah aku email ya sis..Semoga membantu :-)

• Anna says:

Hahhaa….iya nih..sampe bingung nyusun2nya..
        oke deh sista..
        sukses selalu..
        terima kasih emailnya ya, sista yang cantik dan baik hati.. ๐Ÿ˜‰

2. Rara naira says:

Hallo.. Keep writing and traveling kak.
    Oiya. Boleh saya dikirim itinerary, peta dan estimasi budgetnya? Thank you yaa..

3. Fitrianto says:

Kalo mb dr semarang, mending brgkat dr jogja sj. Lebih deket. Emang dr semarang g ada ke KL ya. Jogja sehari 2x. Siang n sore. Sy sdh ke KL , melaka juga. 2x pula ke malaysia via jogja. Maret n oktober 2015 kmrin. Tiket pp cm 500 rb,pesan 7 bln sblm brgkat. April depan rencana mau ke Penang..transit KL dulu . Kalo dr jogja ke KL tiket sering murah2.

• rsasti says:

Waktu beli tiket domisili saya masih di jakarta mas..pas hari kebrangkatan kebetulan udah ga dijakarta lagi :) Ga bisa direfund juga kan klo tiket promo,sekalian mampir jakarta ketemu temen :)

Cek email ya sis :)
      D’Or kalau menurut aku rekomen banget..dengan harga segitu udah lumayan..bersih,nyaman,strategis. Dan klo aku liat2 daerah disekitar situ,kayanya d’or yang paling bagus dan harga bersahabat.

4. Tantri says:

Hallo mbak,
    ak boleh minta itinerary, cost, dan semua tentang perjalanan mbak yg inkah?
    aku mau berangkat tanggal 4 besok tapi baru ketemu blog mbak sekarang, hehe..
    email ke raditantxxx@yahoo.com ya mbak..
    terimakasih..

• rsasti says:

barusan aku kirim ya mbak,
      huah 2 hari lagi brarti ya brangkatnya..semoga yang aku kirim membantu ya mbak hehe

makasih ya mbak udah mampir di blog aku, semoga jalan2nya menyenagkan :)

5. monica says:

Hallo aku ada planning ke KL nih, kalo boleh share itenary, peta lokasi dan info lainnya ya. buat patokan bikin itenary perjalanan. terimakasih sebelumnya :)

6. christian says:

7. bunda nadia says:

hai mbak, salam kenal. rencanaku minggu depan (17-19 oktober mau ke KL). tujuan utama sih ke malaka krn suami dinas kesana, sekalian aku ajak anak2 deh biar tau jg. anak2 sih pengen tau legoland, tp kubrows lumayan jauh jg dari malaka ya? 3 jam by bus :(. mungkin city tour malaka n KL kyknya. krn tgl 17 kita landing sore sekitar jam 14.40, mungkin enaknya main ke KL sebentar sebelum ke malaka kali yaaa hehee. mohon sarannya ya mbak, enaknya gmn? please kirimin itenerary ke devi_okxxx@yahoo.co.uk. makasih yaa :)

hallo mbak,
      waktunya agak2 mepet ya..ditambah sehari aja disananya biar lumayan longgar waktunya hehe
      Dengan landing jam 14.40 kemungkinan sampai di KLnya jam 17.15 (estimasi 1 jam imigrasi,1.5 jam perjalanan bandara KL Kota).
      Kalau ke Melakanya dengan transportasi umum,bus terakhir dari TBS kayanya jam 9 nan (dari sekitaran KLCC ke TBS +/- 30-45 menit). Jadi waktu untuk city tour kurang lebih cuma 2-3 jam. Kalau cuma ke twin tower dan sekitarannya mungkin cukup, tapi ya agak2 mepet hehe. Atau mungkin kalau tgl 19 nya flight agak malem, bisa KL citu tur tgl 19nya.

• rsasti says:

halo mbak dewi..udah dikirim ya,semoga membantu :)
      kalau hotelnya sendiri menurutku cukup nyaman untuk anak2.Fasilitasnya cukup dan bersih walau ga begitu luas.
      didepan hotel juga banyak makanan juga ada semacam toko/swalayan.
      Tapi kalau transportasinya berencana pake monorail,mungkin jarak ke dari hotel ke stasiunnya yang jalannya agak lumayan +/- 650meter, 10 menitan jalan.

8. Eshar Hidayatra Amir says:

hallo mba. Saya juga mau dong dikirimin list itinerary sama estimasi biaya untuk trip KL – malacca nya.
    Kebetulan desember besok rencana mau kesana jadi bisa untuk info tambahan dan perbandingan
    Thanks in advance mba
    eshar.axxx@yahoo.com

9. Tika says:

Dear Sist…
    Ini akn jd trip pertama saya ke KL dgn 2 org tmn saya yg jg newbie. Mohon petunjuk & arahan nya ๐Ÿ˜ Mau ya sist Resti dikirimin itin lengkap & semua berbau Malaysia ke email tika_xxx@yahoo.com. Makasih ๐Ÿ˜˜